Search

5 Makanan Ini Aman Dikonsumsi oleh Pengidap Tifus

Sebaiknya jangan sembarangan dalam mengonsumsi makanan atau minuman. Memilih makanan atau minuman yang kebersihan terjamin dapat menghindari kamu dari penyakit tifus. Hal ini disebabkan bakteri Salmonella thypi dapat masuk dan berkembang biak dalam saluran pencernaan melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi.

Bakteri Salmonella typhi dalam saluran pencernaan dapat menyebabkan beberapa gejala, seperti sakit perut, diare, perubahan pada feses, hingga kondisi demam. Untuk mengatasi tifus dari rumah, kamu bisa memenuhi kebutuhan istirahat, perbanyak konsumsi air putih, hingga penuhi kebutuhan nutrisi serta gizi yang dibutuhkan tubuh. Namun, ketahuilah beberapa jenis makanan yang aman dikonsumsi oleh pengidap tifus.

Perawatan tifus yang terbilang ringan nyatanya dapat dilakukan dari rumah. Ada beberapa perawatan yang dilakukan untuk menurunkan gejala tifus, seperti memenuhi kebutuhan istirahat, perbanyak konsumsi cairan, hingga mengonsumsi makanan sehat.


Pengidap tifus juga memiliki beberapa jenis makanan pantangan yang sebaiknya dihindari agar kondisi kesehatan tidak semakin memburuk. Untuk itu, tidak ada salahnya ketahui beberapa jenis makanan sehat dan aman untuk dikonsumsi oleh pengidap tifus, seperti:


1.Makanan Berkalori Tinggi


Makanan yang memiliki kandungan kalori tinggi menjadi makanan yang aman dikonsumsi oleh pengidap tifus. Makanan ini dapat digunakan oleh pengidap tifus untuk menambah tenaga dan energi selama masa proses pemulihan.


2.Buah yang Memiliki Kandungan Air


Buah jenis ini sangat baik dikonsumsi oleh pengidap tifus untuk menggantikan cairan yang hilang selama pengidap tifus mengalami gejala demam. Kondisi demam yang dialami terus-menerus dapat menyebabkan pengidap mengalami dehidrasi ketika kurang mendapatkan asupan cairan. Ada beberapa jenis buah yang baik dikonsumsi pengidap tifus, seperti anggur dan semangka.

3.Makanan dengan Kandungan Karbohidrat


Pengidap tifus dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat yang memiliki kandungan karbohidrat dengan tekstur lunak. Kamu bisa memilih mengonsumsi bubur nasi, kentang tumbuk, atau telur rebus. Makanan ini menjadi jenis makanan yang mudah dicerna dalam tubuh sehingga akan meminimalkan gejala penyakit tifus.


4.Makanan Rendah Serat


Salah satu makanan yang sebaiknya dihindari oleh pengidap tifus adalah makanan dengan kandungan serat yang tinggi. Makanan yang memiliki kandungan serat tinggi akan sulit dicerna dan dapat meningkatkan risiko peradangan pada usus. Untuk itu, pilihlah sayur dan buah yang rendah serat, tetapi bernutrisi, seperti brokoli, tomat, pisang, melon, hingga alpukat.


5.Makanan Tinggi Protein


Protein sangat berguna bagi pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan yang rusak dalam tubuh. Bagi pengidap tifus, makanan tinggi protein bermanfaat untuk penyembuhan dan juga meningkatkan imunitas tubuh. Ada beberapa jenis makanan yang aman dikonsumsi oleh pengidap tifus, seperti dada ayam, telur, ikan, tahu, dan juga tempe. Hindari mengolah makanan dengan cara digoreng.


Itulah beberapa jenis makanan yang aman dikonsumsi untuk pengidap tifus. Namun, saat gejala tifus tidak kunjung mereda dan membaik, segera kunjungi rumah sakit terdekat dan lakukan pemeriksaan terkait penyakit tifus.


Perawatan tifus di rumah sakit akan dilakukan dengan pemberian antibiotik melalui cairan infus dan suntikan. Selain itu, antibiotik juga dapat diberikan melalui obat-obatan oral agar bakteri penyebab tifus dapat hilang dari tubuh.


Tifus menjadi salah satu penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi. Tidak hanya itu, risiko penularan tifus pun dapat dilakukan dengan membersihkan toilet, menjaga kebersihan tangan, hingga pastikan kebersihan makanan dan minuman yang kamu konsumsi terjamin.

3 views0 comments