top of page

Bahaya Melakukan Perawatan Gigi di Tukang Gigi


Ketika berbicara tentang perawatan gigi dan mulut, banyak orang menghadapi biaya yang tidak kecil. Maka tidak mengherankan jika ada yang lebih memilih jasa tukang gigi atau dokter gigi yang harganya lebih terjangkau.


Namun, penting untuk disadari bahwa pilihan ini bisa berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Penting untuk memahami dampak-dampak yang mungkin timbul agar kita lebih waspada.


Prosedur perawatan gigi harus dilakukan dengan hati-hati. Menerima perawatan gigi dari sumber yang tidak terpercaya bisa sangat berisiko. Perawatan gigi seharusnya mengikuti persyaratan dan prosedur tertentu. Sayangnya, tukang gigi atau ahli gigi yang kurang terlatih seringkali tidak mematuhi standar ini.


Contohnya, dalam kasus pemasangan behel, seorang dokter gigi yang berkualifikasi akan melakukan analisis menyeluruh terhadap kondisi gigi dan jaringan pendukungnya sebelum merencanakan penggunaan behel. Dokter gigi akan mempertimbangkan setiap aspek seperti ruang dan pergerakan yang diperlukan untuk mengatur gigi dengan benar di dalam lengkungan rahang.


Namun, tukang gigi mungkin hanya memasang behel tanpa mempertimbangkan faktor-faktor ini. Akibatnya, gigi bisa menjadi lebih tidak teratur di dalam rahang.

Pemasangan gigi palsu juga harus mengikuti langkah-langkah tertentu, termasuk perawatan akar atau pencabutan gigi yang rusak sebelum pemasangan gigi palsu. Tukang gigi yang tidak berpengalaman sering kali mengabaikan prosedur ini, yang dapat berdampak buruk pada kesehatan gigi dan mulut kita.


Pentingnya Memilih Tempat Perawatan Gigi yang Tepat Perawatan gigi seharusnya dilakukan di lingkungan yang higienis, dengan peralatan lengkap, dan oleh dokter gigi yang berlisensi. Memilih tempat perawatan dengan sembarangan dapat mengakibatkan risiko berikut:

  1. Malafungsi gigi: Tempat praktek tukang gigi yang tidak berlisensi atau berizin dapat menyebabkan malafungsi gigi, yang berarti gigi yang semestinya tumbuh tidak dapat tumbuh dengan benar karena tindakan perawatan yang tidak sesuai standar. Peralatan yang digunakan juga mungkin tidak higienis.

  2. Infeksi gigi dan mulut: Penggunaan alat yang tidak steril dapat menyebabkan infeksi gigi dan mulut karena penularan bakteri dan kuman antara pasien. Infeksi dapat menyebar ke bagian tubuh lain jika tidak diobati. Alat yang digunakan mungkin juga tidak sesuai dengan standar perawatan gigi dan mulut.

  3. Bentuk gigi yang tidak sesuai: Kurangnya pengetahuan yang dimiliki oleh tukang gigi dapat menghasilkan gigi tiruan yang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini juga berlaku pada prosedur perawatan gigi.

Perawatan gigi dan mulut memang penting, tetapi memilih tempat perawatan yang tepat, seperti klinik dokter gigi bersertifikat, sangat dianjurkan untuk menghindari berbagai masalah yang telah disebutkan di atas.



Konsultasikan kesehatan gigi Anda dan Keluarga di Dokter Gigi yang berpengalaman dan profesional. Informasi lebih lanjut :

Telpon : (021) 77827515

Whatsapp : 0821-1439-0563

4 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page