top of page

Cara Melakukan SADARI untuk Deteksi Dini Kanker Payudara

Updated: May 24, 2023

Pemeriksaan payudara sendiri atau SADARI adalah cara termudah untuk mendeteksi kelainan pada ukuran, tekstur, serta bentuk payudara.



Pemeriksaan ini juga bisa membantu proses deteksi dini kanker payudara maupun kelainan lainnya sejak dini. Ingat, semakin dini kanker terdeteksi, semakin tinggi pula potensi kesembuhan untuk mengobatinya.

Lalu, bagaimana cara melakukan SADARI? Simak langkah-langkahnya berikut ini.


Bagaimana cara melakukan SADARI?

Meski mudah dilakukan, Anda harus melakukan sadari dengan tepat supaya dapat menemukan benjolan yang mungkin ada pada payudara.


Sebelum melakukan SADARi, pastikan untuk melepaskan pakaian dan bra supaya permukaan payudara dapat dengan mudah diraba.


Berikut adalah tiga cara umum untuk melakukan SADARI.


1. SADARI saat mandi

sadari adalah, pemeriksaan sadari, periksa payudara sendiri, pemeriksaan payudara


Saat mandi, coba periksa payudara Anda dengan meraba seluruh areanya dari atas hingga ke bawah dengan menggunakan tiga jari utama, yaitu telunjuk, tengah, dan jari manis.


Rabalah payudara dengan gerakan melingkar, mulai dari luar dekat ketiak hingga ke tengah puting. Rasakan apakah ada benjolan atau perubahan tekstur pada payudara.


Selain area payudara, jangan lupa untuk memeriksa area ketiak dan atas tulang selangka. Pasalnya, area ini juga sering kali ditumbuhi sel kanker.


2. SADARI sambil bercermin

Untuk melakukan pemeriksaan SADARI sambil bercermin, berdirilah di depan cermin dengan posisi kedua tangan di samping tubuh.


Setelah itu, periksalah payudara dengan memperhatikan beberapa poin berikut.


Perubahan bentuk, ukuran, serta posisi kedua payudara; apakah simetris atau tidak.

Masalah pada puting, seperti puting yang masuk ke dalam atau permukaan puting menyerupai kulit jeruk.

Adanya luka pada payudara.

Adanya benjolan abnormal pada payudara.

Angkat salah satu tangan ke atas pada bagian payudara yang ingin diperiksa. Lalu, gunakan tangan satunya untuk meraba seluruh bagian payudara dan mencari apakah ada benjolan di sana.


Setelah itu, lakukan pemeriksaan pada puting dengan membentuk gerakan memutar. Lanjutkan dengan bagian atas payudara, tepat di dekat tulang selangka, area tulang dada, hingga ke dekat ketiak.


Langkah terakhir dalam SADARI adalah meremas perlahan bagian puting guna memeriksa apakah ada cairan yang keluar dari puting.


3. SADARI sambil berbaring

Saat berbaring, jaringan payudara menyebar dengan rata di sepanjang dinding dada sehingga akan lebih mudah bagi Anda untuk merasakan adanya benjolan.


Sebelum meraba payudara, letakkan bantal di bawah pundak tangan kanan, lalu angkat lengan ke atas.


Dengan tangan kiri, lakukan gerakan melingkar ke seluruh permukaan payudara menggunakan tiga jari utama.


Gunakan tekanan ringan, sedang, dan kuat saat menekan seluruh area payudara. Cubit puting perlahan, kemudian periksa apakah ada cairan yang keluar atau benjolan. Lakukan gerakan yang sama untuk kedua payudara.


Anda juga bisa menggerakkan jari-jari ke atas dan ke bawah secara vertikal seperti sedang mengurut payudara.


Biasanya, cara ini dapat menyisir semua jaringan payudara dari depan ke belakang. Selain area payudara, periksa juga area atas dada, tepatnya tulang selangka dan dekat ketiak.


Kapan SADARI harus mulai dilakukan?

sadari adalah, pemeriksaan sadari, periksa payudara sendiri, pemeriksaan payudara


SADARI adalah pemeriksaan yang perlu dilakukan sedini mungkin ketika seseorang sudah memasuki masa puber.


Pemeriksaan ini juga perlu dilakukan secara berkala sebagai upaya deteksi dini kanker payudara, apalagi risiko kanker payudara semakin meningkat seiring pertambahan usia.


Waktu paling tepat untuk melakukan SADARI yaitu tujuh sampai 10 hari setelah menstruasi. Pada rentang waktu ini, payudara Anda masih dalam kondisi normal.


Sementara itu, benjolan mungkin muncul dan payudara menjadi lebih kencang beberapa hari sebelum dan setelah menstruasi karena perubahan kadar hormon. Hal ini umum terjadi dan akan menghilang saat masa subur berakhir.


Seberapa rutin SADARI harus dilakukan?

John Hopkins Medical Center States menyarankan, waktu terbaik untuk melakukan SADARI adalah minimal sebulan sekali pada waktu yang sama setiap bulannya.


Pasalnya, fluktuasi hormon akibat siklus menstruasi pada wanita bisa memengaruhi jaringan payudara.


Anda mungkin bisa menemukan benjolan pada payudara pada waktu tertentu, tetapi kemudian hilang dengan sendirinya. Jika hal ini terjadi, Anda tidak perlu mengkhawatirkannya.


Dengan memilih hari pemeriksaan yang sama setiap bulan, kondisi payudara saat diperiksa pun akan sama. Anda pun dapat mengenali perubahan payudara yang perlu dicurigai.


Oleh karena itu, penting untuk rutin melakukan SADARI satu bulan sekali demi mencegah kanker payudara semakin parah dan menyebar.




Konsultasikan kesehatan anda di Klinik Naura Medika


Telpon : (021) 77827515

Whatsapp : 0821-1439-0563


Jl.Kemakmuran Raya no.37, Mekar Jaya, Sukmajaya, Depok 16411


“Bebas Khawatir di Klinik Naura Medika”

4 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page