Search

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat



Meski ada banyak metode diet, sebenarnya ada cara menurunkan berat badan dengan cepat secara alami. Hal yang perlu dilakukan adalah mengubah gaya hidup, termasuk pola makan.


Seperti apa? Yuk simak tipsnya berikut ini!


Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Berikut ini beberapa trik yang bisa kamu coba, jika ingin menurunkan berat badan dengan cepat:


1. Makan Protein saat Sarapan

makan protein saat sarapan

Protein dapat mengatur hormon nafsu makan untuk membantu orang merasa kenyang. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh penurunan hormon lapar ghrelin dan peningkatan hormon kenyang peptida YY, GLP-1, dan kolesistokinin.


Pilihan yang baik untuk sarapan berprotein tinggi termasuk telur, gandum, mentega kacang dan biji, bubur quinoa, sarden, dan puding biji chia.


2. Kurangi Gula dan Karbohidrat Olahan

Kurangi Gula dan Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan adalah makanan olahan yang tidak lagi mengandung serat dan nutrisi lainnya. Ini termasuk nasi putih, roti, dan pasta. Makanan ini cepat dicerna, dan diubah menjadi glukosa dengan cepat.


Kelebihan glukosa memasuki darah dan memicu hormon insulin, yang meningkatkan penyimpanan lemak di jaringan adiposa. Ini berkontribusi pada penambahan berat badan.


3. Perbanyak Asupan Serat

Perbanyak asupan serat

Mengonsumsi banyak serat dari makanan dapat meningkatkan rasa kenyang. Ini dapat menjadi cara menurunkan berat badan dengan cepat. Makanan kaya serat meliputi buah, sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian.


4. Olahraga

Olahraga

Selain mengatur pola makan, penting juga untuk memperbanyak aktivitas fisik, atau melakukan olahraga secara rutin. Selain membantu defisit kalori, olahraga juga bisa membangun otot, untuk membantu pembakaran lemak.


5. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup

Tidur yang tidak cukup atau berkualitas buruk memperlambat proses di mana tubuh mengubah kalori menjadi energi, yang disebut metabolisme. Ketika metabolisme kurang efektif, tubuh dapat menyimpan energi yang tidak terpakai sebagai lemak.


Berapa lama seseorang tidur juga mempengaruhi pengaturan hormon pengatur nafsu makan leptin dan ghrelin. Leptin mengirimkan sinyal kenyang ke otak.


sumber : Halodoc

12 views0 comments