top of page

Ciri Penyakit Jantung di Usia Muda yang Harus Diwaspadai

Updated: Oct 18, 2023


Beragam ciri penyakit jantung di usia muda

Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2018, ada 1,5% atau 15 dari 1.000 orang di Indonesia yang mengidap penyakit jantung.


Orang dewasa muda dan masuk usia produktif terbilang punya persentase kasus cukup tinggi, yakni 0,8% pada orang usia 25–34 tahun dan 1,3% pada orang usia 35–44 tahun.


Berikut ini ciri-ciri sakit jantung di usia muda yang sebaiknya mulai Anda perhatikan.

Penyakit jantung pada usia muda menjadi semakin penting untuk diperhatikan, mengingat persentase kasusnya yang cukup tinggi. Beberapa ciri-ciri penyakit jantung pada orang dewasa muda yang perlu diperhatikan termasuk:

  1. Nyeri Dada atau Angina: Nyeri atau tekanan pada dada adalah salah satu gejala klasik penyakit jantung. Rasa nyeri ini dapat terjadi saat beraktivitas fisik atau dalam keadaan istirahat.

  2. Sesak Napas: Kesulitan bernapas atau sesak napas yang muncul tanpa alasan yang jelas dapat menjadi tanda penyakit jantung.

  3. Pusing atau Pingsan: Rasa pusing atau bahkan pingsan bisa menjadi gejala penyakit jantung, terutama jika terjadi tiba-tiba.

  4. Detak Jantung Tidak Teratur: Ketidaknormalan dalam detak jantung, seperti denyut yang cepat atau tidak teratur, bisa menjadi tanda adanya masalah jantung.

  5. Kelelahan yang Berlebihan: Kelelahan yang tidak wajar atau merasa sangat lelah bahkan setelah istirahat cukup adalah tanda yang perlu dicurigai.

  6. Pembengkakan Kaki, Kaki Gemetar, atau Nyeri di Tangan dan Kaki: Gejala ini mungkin menunjukkan masalah sirkulasi darah yang dapat terkait dengan penyakit jantung.

  7. Riwayat Keluarga: Jika ada riwayat keluarga dengan penyakit jantung pada usia muda, Anda mungkin berisiko lebih tinggi.

  8. Kolesterol Tinggi: Tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Pemeriksaan kolesterol secara berkala dapat membantu dalam pencegahan.

  9. Tekanan Darah Tinggi: Tekanan darah tinggi juga dapat menjadi faktor risiko penyakit jantung.

  10. Pola Hidup yang Tidak Sehat: Konsumsi alkohol berlebihan, merokok, pola makan yang tidak sehat, dan kurangnya aktivitas fisik dapat meningkatkan risiko penyakit jantung pada usia muda.

Selalu penting untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengalami gejala atau faktor risiko yang berkaitan dengan penyakit jantung, terutama jika Anda masih muda. Pencegahan dan perawatan dini dapat membantu mengurangi risiko dan mengelola penyakit jantung.


Telpon : (021) 77827515

Whatsapp : 0821-1439-0563




5 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page