top of page

Mengenal Manfaat Omega 3 untuk Kesehatan Tubuh

Updated: May 24, 2023



“Omega-3 termasuk jenis asam lemak yang sangat baik dikonsumsi guna menunjang kesehatan tubuh, baik fisik maupun mental. Meski manfaatnya dapat menunjang kesehatan tubuh, kamu disarankan untuk mengonsumsi sesuai takaran dan tidak berlebihan. Lantas, apa saja manfaat omega-3 yang dapat dirasakan tubuh jika rutin mengonsumsinya?”


Omega-3 termasuk jenis asam lemak esensial yang sering kali disebut-sebut sebagai bahan super, karena memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Berbeda dengan kandungan lainnya, asam lemak ini tidak bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh, melainkan dari makanan atau suplemen yang dikonsumsi. Berikut ini manfaat omega-3 beserta jenis makanan yang mengandung asam lemak esensial tersebut.



Manfaat Omega-3 Bagi Kesehatan Tubuh

Omega-3 menjadi salah satu asupan nutrisi penting yang penting untuk dipenuhi. Tujuannya untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan dari serangan berbagai penyakit. Berikut ini manfaatnya:


1. Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Mengonsumsi ikan yang mengandung minyak ikan tinggi (omega-3), dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, dan stroke. Selain itu, mengonsumsi makanan yang kaya asam lemak omega-3 secara rutin dapat mengurangi kadar trigliserida (lemak jahat) dalam darah.


2. Menjaga Kesehatan Mata

Mengonsumsi ikan dengan kandungan omega-3 sebanyak dua kali dalam seminggu, dinilai dapat mengurangi risiko degenerasi makula karena faktor usia. Degenerasi makula sendiri merupakan gangguan penglihatan pada orang tua, sehingga pandangan terlihat buram. Kondisi tersebut tentu akan memengaruhi kemampuan membaca, menyetir, menulis, atau mengenali wajah.


3. Mencegah Demensia

Manfaat omega-3 juga selanjutnya adalah mencegah demensia, atau gangguan daya ingat, berpikir, dan berperilaku. Jika dikonsumsi secara rutin, omega-3 dapat menunjang perkembangan kognitif otak, meningkatkan aliran darah dan pembentukan sel baru, mengurangi depresi, serta mencegah demensia sejak dini.


4. Menjaga Kesehatan Mental

Manfaat omega-3 diketahui baik untuk kesehatan otak. Namun, asam lemak esensial ini juga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mental seseorang. Kandungan di dalamnya dapat membantu meningkatkan kelancaran aliran darah di otak, sehingga gejala depresi dan kecemasan dapat diatasi. Bukan itu saja, kandungan dalam omega-3 juga dapat memperbaiki suasana hati seseorang.


5. Meredakan Arthritis

Terakhir, manfaat omega-3 juga diklaim dapat mengurangi nyeri sendi pada arthritis. Jika mengonsumsi minyak ikan ini secara teratur selama 3 bulan berturut-turut, maka risiko nyeri sendi dapat diturunkan. Omega-3 juga mampu meningkatkan sistem imun tubuh para pengidap rheumatoid arthritis, sehingga persentase kesembuhan bisa meningkat.



Konsultasikan kesehatan anda di Klinik Naura Medika


Telpon : (021) 77827515

Whatsapp : 0821-1439-0563


Jl.Kemakmuran Raya no.37, Mekar Jaya, Sukmajaya, Depok 16411


“Bebas Khawatir di Klinik Naura Medika”

4 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page