top of page

Mengenal Sunat, Khitan, Sirkumsisi

Sunat adalah proses pemotongan kulup atau kulit yang menyelubungi ujung penis. Prosedur merupakan bagian dari ritual keagamaan dan prosedurnya bisa menjadi bagian dari tradisi keluarga, perawatan kesehatan guna mencegah penyakit dan sekadar menjaga kebersihan pribadi.


Sunat bertujuan untuk mencegah phimosis. Ini merupakan kondisi ketika kulit terlalu kencang sehingga sulit untuk ditarik ke belakang melewati kepala penis. Dampaknya, penis jadi sulit dibersihkan.


Adapun manfaat yang diperoleh dari prosedur, antara lain:


  1. Membersihkan jadi lebih mudah. Kotoran dari sel kulit mati yang menumpuk di ujung penis memicu infeksi serius, gangrene (jaringan mati) penis, bahkan amputasi ujung penis.

  2. Menurunkan risiko infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih yang terjadi pada pria meningkatkan risiko gangguan ginjal di masa depan.

  3. Menurunkan risiko infeksi menular seksual. Salah satu infeksi menular seksual yang bisa dicegah dengan sunat adalah HIV. Namun, kamu juga perlu menggunakan pengaman.

  4. Mencegah masalah penis. Kulup penis bisa sulit ditarik (phimosis). Dampaknya, ini bisa menyebabkan peradangan pada kulup atau kepala penis.

Lakukan Sunat saat libur sekolah sehingga tidak mengganggu aktivitas sekolah. Konsultasikan sunat buah hati anda di Klinik Naura Medika


10 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page