Search

Menurunkan Darah Tinggi yang Paling Efektif



Cara Efektif Menurunkan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi bisa diturunkan dengan melakukan perubahan gaya hidup. Berikut ini cara sederhana dan efektif untuk menurunkan tekanan darah kembali ke kisaran normal.


1.Menurunkan Berat Badan

Cara paling efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi, yaitu menurunkan berat badan. Tidak perlu menurunkan berat badan terlalu besar untuk mendapatkan perubahan. Bahkan dengan menurunkan berat badan 4 kilogram sudah bisa merubah tekanan darah tinggi jadi normal.


2. Perhatikan Pilihan Makanan

Membatasi gula, garam, dan karbohidrat olahan dapat menurunkan berat badan sekaligus tekanan darah.


3. Aktif secara Fisik

Olahraga diperlukan untuk kesehatan tubuh. Namun pada dasarnya, aktif secara fisik pun cukup untuk menurunkan tekanan darah. Pastikan kamu melakukan aktivitas yang disukai agar konsisten melakukannya. Aktivitas yang bisa dilakukan, yaitu bersepeda, menari, berjalan cepat, atau aktivitas sehari-hari seperti berkebun juga membantu.



4. Menghindari Alkohol

Hindari konsumsi alkohol karena alkoholo dapat meningkatkan tekanan darah.


5. Kelola Stres

Perlu diketahui, hormon stres dapat menyempitkan pembuluh darah dan bisa menyebabkan lonjakan tekanan darah sementara. Selain itu, seiring berjalan waktu, stres memicu kebiasaan tidak sehat yang membahayakan kesehatan kardiovaskular. Hal ini termasuk makan berlebihan, kurang tidur, dan penyalahgunaan zat. Untuk alasan ini, mengelola stres harus menjadi prioritas jika kamu ingin menurunkan tekanan darah.


6. Tidur Cukup dan Berkualitas

Tekanan darah biasanya turun jika kamu cukup tidur. Jika tidur tidak nyenyak, maka bisa mempengaruhi tekanan darah. Orang yang kurang tidur (terutama pada lansia), lebih berisiko mengalami tekanan darah tinggi. Bagi sebagian orang, mendapatkan tidur malam yang nyenyak bukanlah hal mudah. Ada banyak cara agar bisa tidur nyenyak.

20 views0 comments