Sakit Pinggang Sebelah Kiri Tanda Gejala Penyakit Ini

Saat aktivitas terlalu padat, mungkin kamu akan merasakan sakit di seluruh tubuh, termasuk pinggang. Saat bekerja seharian di depan laptop, mungkin saja duduk seharian membuat pinggang kamu menjadi lebih kaku. Rasa sakit tersebut juga terkadang tidak tertahankan dan membuatmu kesulitan untuk bergerak.

Jika rasa sakit pada pinggang tersebut kerap terjadi dan hanya terjadi pada bagian sebelah kiri, sebaiknya lakukan pemeriksaan dini. Pasalnya, gangguan pada pinggang tersebut mungkin saja terjadi karena beberapa gejala dari penyakit yang tidak ringan. Berikut adalah beberapa penyakit yang dapat menimbulkan gejala tersebut!

Penyakit yang Menimbulkan Gejala Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Rasa sakit atau nyeri yang timbul pada pinggang dapat terjadi karena banyak hal, seperti mengangkat beban yang terlalu berat, terlalu lama duduk, dan kekurangan konsumsi air putih. Kamu benar-benar tidak boleh menyepelekan gangguan yang terjadi pada pinggang, terutama jika terjadi pada sebelah kiri, karena mungkin saja berhubungan dengan penyakit yang serius.

Rasa sakit yang timbul pada pinggang sebelah kiri dapat berhubungan dengan struktur organ yang ada di dalam tubuh. Banyak organ yang penting berada di sebelah kiri tubuh, seperti usus, ginjal, hingga sistem reproduksi. Saat organ tersebut terganggu, maka rasa sakit pada pinggang bagian kiri dapat timbul sebagai gejala.

Untuk itu, penting mengetahui beberapa gangguan yang dapat terjadi saat seseorang mengalami rasa sakit pada pinggang sebelah kiri. Dengan begitu, pencegahan dini dapat dilakukan agar komplikasi berbahaya dapat dihindari. Berikut beberapa penyakit yang dapat menimbulkan gejala tersebut:

1. Batu Ginjal

Salah satu penyakit yang dapat menimbulkan gejala sakit pada pinggang sebelah kiri adalah batu ginjal. Rasa sakit ini dapat berkisar pada pinggang hingga punggung, yang terasa ketika batu tersebut bergerak di dalam ginjal kiri yang bergerak melalui ureter. Gejala lainnya saat seseorang mengidap batu ginjal adalah rasa sakit saat buang air kecil dan mengeluarkan darah di dalam urine.

2. Radang Sendi Pinggul

Penyakit lainnya yang dapat menimbulkan perasaan sakit pada pinggang sebelah kiri adalah terjadinya radang sendi pada pinggul. Gangguan ini dapat terjadi pada jaringan sambung antar tulang di area panggul. Hal ini mampu menyebabkan kekakuan hingga pembengkakan yang akhir sulit untuk bergerak. Rasa nyeri tersebut juga dapat timbul akibat robekan kecil pada jaringan di panggul.

3. Apendisitis

Apendisitis atau peradangan pada usus buntu juga dapat menimbulkan rasa sakit pada pinggang sebelah kiri secara tiba-tiba. Gangguan tersebut dapat berisiko pada kematian jika tidak segera mendapat pengobatan. Memang biasanya usus buntu berada di sebelah kanan perut, tetapi bukan tidak mungkin menyebabkan rasa sakit pada sebelah kiri pinggang.

4. Gangguan Sistem Reproduksi

Penyebab lainnya yang dapat menimbulkan gejala berupa rasa sakit pada pinggang sebelah kiri adalah terjadinya gangguan pada sistem reproduksi. Terlebih lagi, gangguan ini lebih sering terjadi pada wanita. Timbulnya rasa nyeri tersebut dapat menjadi gejala dari gangguan fibroid dan endometriosis. Kedua gangguan tersebut sangat berhubungan dengan rahim.

Itulah beberapa gangguan yang dapat menimbulkan gejala berupa sakit pada pinggang sebelah kiri. Penting untuk selalu memeriksakan diri jika gejala tersebut terjadi karena mungkin saja gangguan tersebut dapat menimbulkan hal yang fatal. Selain itu, pemeriksaan kesehatan tahunan juga direkomendasikan untuk selalu dilakukan.