Search

Tanda Harus Kembali Berolahraga

Saat pandemi, banyak orang yang menjalani gaya hidup kurang gerak karena hanya tinggal di rumah saja. Padahal, tetap aktif bergerak dan berolahraga secara rutin adalah kebiasaan yang penting dilakukan untuk menjaga kesehatan.


Rutin berolahraga sudah diketahui bisa memberikan banyak manfaat kesehatan, antara lain meningkatkan kadar energi, meningkatkan metabolisme tubuh, menjaga berat badan tetap ideal, dan mencegah penyakit, serta meningkatkan suasana hati. Jarang berolahraga bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Berikut tanda-tanda kamu harus mulai berolahraga lagi:


1.Kesulitan untuk Tidur


Bila kamu jadi sulit tidur di malam hari, mungkin itu tandanya kamu perlu berolahraga. Berolahraga secara teratur bisa membuat tubuh menjadi lelah, sehingga lebih mudah untuk mengantuk dan tertidur. Studi yang diterbitkan dalam Advances in Preventive Medicine menganalisis hubungan antara tidur dan olahraga, menemukan bahwa aktivitas fisik meningkatkan kualitas dan efisiensi tidur. Jadi, berolahraga lah di siang hari agar kamu bisa tidur dengan nyenyak di malam hari.


2.Mengalami Nyeri Punggung Bawah


Bila selama masa karantina, kamu lebih banyak menghabiskan waktu di tempat tidur dan sofa, kamu mungkin akan terbangun dengan rasa kaku di punggung bagian bawah. Kamu juga bisa mulai merasakan nyeri punggung bawah sepanjang hari saat duduk di depan meja atau bahkan di malam hari saat kamu duduk di sofa. Bila kamu tidak memiliki kondisi mendasar yang menyebabkan nyeri punggung, hal itu mungkin pertanda kamu kurang berolahraga.


Sebuah penelitian yang diterbitkan di JAMA Internal Medicine menemukan bahwa semua jenis olahraga, baik itu latihan kekuatan atau aerobik, bisa membantu mengurangi risiko nyeri punggung bawah hingga 25-40 persen.


3.Kamu Selalu Merasa Lapar


Bila kamu tidak banyak bergerak, tubuh kamu sebenarnya tidak membutuhkan banyak makanan. Namun, bila kamu tetap memiliki nafsu makan yang besar padahal jarang bergerak, hal itu bisa menjadi pertanda kamu perlu berolahraga.


Menurut pelatih kesehatan bersertifikat, Amanda L. Dale, M.Ed., MA, tubuh yang lelah dan lesu bisa memproduksi lebih banyak ghrelin, hormon yang membuat kamu merasa lapar, sehingga kamu selalu ingin makan sepanjang hari.


Olahraga adalah satu-satunya cara alami yang sudah terbukti bisa menekan nafsu makan. Orang yang berolahraga secara teratur mengaku tidak cepat lapar dan memiliki pola makan yang lebih teratur.


4.Suasana Hati Mudah Berubah


Ketika berbicara mengenai suasana hati yang buruk atau bahkan gangguan suasana hati seperti kecemasan dan depresi, banyak orang yang tidak menyadari bahwa aktivitas fisik bisa menjadi penyebabnya. Padahal, olahraga berperan besar dalam pengaturan suasana hati.


Dale mengungkapkan bahwa olahraga sudah terbukti efektif dalam mencegah depresi tingkat rendah, bahkan membantu sebagai metode pelengkap dalam mengatasi kasus gangguan suasana hati yang parah. Jika kamu merasa sedih, marah, atau cemas, dan kamu tidak tahu mengapa, kurang olahraga bisa menjadi penyebabnya.


5.Sering Merasa Kelelahan


Merasa lelah padahal sudah tidur yang cukup? Inilah saatnya kamu harus mulai berolahraga. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga secara teratur dengan intensitas rendah bisa membantu meningkatkan kadar energi kamu.


Menurut pelatih kesehatan Isadora Baum, CHC, bila tubuh kamu mengalami kram otot atau kelelahan, karena stres dan kurang energi, olahraga bisa membantu menghilangkan rasa kantuk, mengendurkan otot yang tegang dan membuat kamu bertenaga sepanjang hari.


6.BAB Tidak Lancar


Sembelit bisa jadi pertanda kamu harus lebih aktif secara fisik. Baum mengungkapkan kurang gerak dan serat bisa menyebabkan fungsi usus menjadi buruk. Sebaliknya, tetap aktif bisa menjaga saluran pencernaan tetap lancar.


3 views0 comments