top of page

Makanan yang Dapat Sebabkan Munculnya Karang Gigi



Gigi dan mulut merupakan pintu utama masuknya kuman ke dalam tubuh. Namun, banyak orang yang acuh maupun tidak sadar akan pentingnya merawat dan menjaga kesehatan gigi dan mulut. Salah satu jenis penyakit gigi yang paling sering terjadi adalah karang gigi. Kebiasaan dalam mengonsumsi makanan tertentu ternyata dapat meningkatkan bisa kemungkinan penyebab gangguan ini.


Karang gigi merupakan masalah kesehatan gigi dan mulut yang jika didiamkan dapat memicu kondisi yang lebih parah. Karang gigi terjadi karena penumpukan plak yang terbentuk dari sisa makanan yang kemudian menyebabkan bakteri dan menempel pada gigi dalam jangka waktu lama. Seiring berjalannya waktu, sisa makanan akan mengeras, lalu membentuk karang gigi.


Umumnya, sisa makanan yang menempel di gigi membutuhkan waktu beberapa hari sebelum akhirnya mengeras dan membentuk karang. Apa saja jenis makanan yang bisa menyebabkan karang gigi?


1. Makanan Manis

Batasi konsumsi makanan yang terlalu manis agar terhindar dari pembentukan karang gigi. Sebab, mengonsumsi jenis makanan yang mengandung gula dan tepung atau karbohidrat bisa menyebabkan bakteri di mulut berkembang lebih cepat. Bakteri tersebut kemudian akan melepaskan asam yang bisa merusak gigi dan menjadi penyebab karang gigi terbentuk.


2. Permen dan Cokelat

Makanan yang mengandung zat pemanis seperti permen dan cokelat juga bisa memicu terbentuknya karang gigi. Apalagi, jika kamu malas membersihkan gigi setelah mengonsumsi jenis makanan yang memiliki rasa manis ini.


3. Minuman Bersoda dan Alkohol

Kebiasaan mengonsumsi minuman yang mengandung banyak soda dan alkohol juga bisa merusak gigi. Dalam hal ini, kedua jenis minuman itu bisa meningkatkan risiko terbentuknya karang gigi. Sebagai gantinya, perbanyaklah konsumsi air putih selama dan setelah makan, hal ini bisa membantu mengurangi risiko pembentukan plak yang bisa berujung pada karang gigi.



Konsultasikan kesehatan gigi anda dan keluarga di Klinik Naura Medika Depok

Informasi lebih lanjut hubungi :


Telpon : (021) 77827515

Whatsapp : 0821-1439-0563

atau klik link berikut www.linktr.ee/nauramedika

2 views0 comments
bottom of page