top of page

Mengenal Manfaat Menambal Gigi

Updated: Aug 26, 2023


Pengertian Tambal Gigi

Tambal gigi adalah tindakan yang dilakukan oleh dokter untuk memperbaiki dan merestorasi gigi yang mengalami kerusakan. Kerusakan gigi akibat gigi yang berlubang atau patah tentunya dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada pengidapnya.


Kondisi ini membuat seseorang mengalami rasa nyeri hingga kesulitan untuk makan. Untungnya, masalah ini dapat kamu atasi dengan prosedur ini.


Namun, prosedur ini tidak boleh kamu lakukan sembarangan. Tindakan ini hanya bisa dokter gigi lakukan. Sebaiknya ketahui lebih banyak mengenai prosedur agar kamu bisa merawat gigi dengan lebih baik.


Tujuan Tambal Gigi

Tujuan prosedur tambal gigi adalah untuk mengatasi kerusakan pada gigi akibat adanya rongga atau lubang.


Prosedur ini juga bisa kamu lakukan untuk mencegah berbagai komplikasi yang bisa seseorang alami akibat gigi berlubang yang tidak bisa teratasi dengan baik, seperti:


  • Nyeri yang menyebabkan gangguan aktivitas.

  • Gigi mudah copot.

  • Malnutrisi akibat kesulitan makan.

  • Gigi yang patah.

  • Manfaat Tambal Gigi

Ada berbagai manfaat yang bisa kamu rasakan ketika menjalani prosedur ini, seperti:


1. Menghentikan Pembesaran Lubang pada Gigi

Sebelum melakukan prosedur, dokter akan membersihkan area yang memiliki lubang. Hal ini membuat gigi kamu akan terhindar dari bakteri dan kuman penyebab gigi berlubang. Kemudian, dokter akan memenuhi lubang gigi dengan bahan khusus sehingga lubang pada gigi tidak mengalami pembesaran.


2. Gigi Terlihat Lebih Sehat

Saat gigi berlubang, kamu berisiko mengalami perubahan warna pada gigi serta bau mulut. Dengan melakukan prosedur ini, maka risiko kehilangan warna alami gigi akan menurun.


Selain itu, gigi yang telah kamu tambal dapat menurunkan risiko bau mulut. Kondisi ini akan membuat gigi dan mulut menjadi lebih sehat.


3. Memperbaiki Struktur Gigi

Bahan yang dokter gunakan dapat membantu memperbaiki struktur gigi. Bahan dapat mengisi rongga yang kosong sehingga akan memberikan komposisi yang baik pada gigi.


Seperti prosedur medis lainnya, perawatan gigi ini juga memiliki risiko. Simak apa saja risikonya di sini → Adakah Risiko Kesehatan usai Melakukan Tambal Gigi?


Kapan Harus Melakukan Tambal Gigi?

Kamu perlu melakukan tambal gigi ketika mengalami gigi berlubang. Selain itu, prosedur ini juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi gigi yang mengalami keretakan.


Hal ini untuk menghindari rasa nyeri atau sakit yang dapat terjadi akibat kerusakan pada gigi.


Prosedur ini juga bisa kamu lakukan setelah melakukan perawatan akar gigi. Selain itu, prosedur ini juga bisa kamu lakukan saat pulpa gigi mengalami iritasi. Ini bisa kamu lakukan untuk menghindari gangguan atau kerusakan pada saraf yang ada pada gigi.


Konsultasikan kesehatan gigi anda dan keluarga di Klinik Naura Medika Depok

Informasi lebih lanjut hubungi :

Telpon : (021) 77827515

Whatsapp : 0821-1439-0563

24 views0 comments
bottom of page