top of page

Menjelang Ramadhan, Kenali Pentingnya Scaling Gigi


Scaling gigi adalah prosedur non-operatif yang bertujuan untuk membersihkan dan menghilangkan plak gigi serta karang gigi di seluruh permukaan gigi dan di bawah garis gusi. Teknik ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat pengikis manual atau alat pengikis ultrasonik.


Manfaat melakukan scaling gigi meliputi:


  1. Mengatasi Bau Mulut: Karang gigi merupakan tempat berkembang biaknya bakteri penyebab bau mulut. Scaling gigi secara teratur dapat membantu menghilangkan karang gigi dan mengurangi bau mulut yang tidak sedap.

  2. Memperbaiki Warna Gigi: Plak yang mengeras menjadi karang gigi dapat membuat gigi terlihat kusam dan berwarna kuning. Dengan melakukan scaling gigi, karang gigi dapat diangkat sehingga warna gigi menjadi lebih cerah dan menarik.

  3. Mencegah Infeksi Gusi: Karang gigi yang tidak dihilangkan dapat menyebabkan radang gusi atau gingivitis, yang ditandai dengan gejala seperti pembengkakan, pendarahan, dan rasa sakit pada gusi. Scaling gigi dapat mencegah perkembangan gingivitis yang lebih parah, seperti periodontitis, yang dapat merusak gigi dan tulang rahang.

  4. Mengurangi Risiko Gigi Copot: Penyakit gigi dan mulut yang disebabkan oleh karang gigi dapat menyebabkan gigi menjadi longgar atau copot. Scaling gigi secara rutin dapat membantu menjaga kekuatan gigi dan mencegah risiko gigi copot, yang dapat mengganggu fungsi mengunyah dan mengurangi rasa percaya diri.

  5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung: Kesehatan gigi dan mulut yang buruk dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Bakteri yang berasal dari karang gigi dapat masuk ke dalam aliran darah dan menempel pada pembuluh darah koroner di jantung, yang dapat memengaruhi kinerja jantung. Dengan melakukan scaling gigi secara teratur, risiko terkena penyakit jantung dapat dikurangi dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan.


Segera Konsultasikan Kesehatan Gigi Anda menjelang Ramadhan di Klinik Naura Medika

Klik Link di Bawah ini untuk menghubungi whatsapp kami



10 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page