top of page

Tips Menjaga Kesehatan Anak di Tengah Cuaca Ekstrem


Kondisi cuaca yang ekstrem memiliki potensi dampak negatif pada kesehatan anak-anak, sehingga penting bagi setiap orangtua untuk mengambil langkah-langkah tertentu guna menjaga imunitas anak-anak tetap kuat dalam menghadapi perubahan cuaca yang ekstrem. Penurunan imunitas pada anak di tengah cuaca yang ekstrem dapat meningkatkan risiko mereka terpapar virus penyebab penyakit. Sudahkah Anda menerapkan langkah-langkah ini untuk menjaga kesehatan anak Anda?

Langkah-langkah untuk menjaga diri dari dampak cuaca ekstrem guna menjaga imunitas anak tetap optimal adalah sebagai berikut:


Menjaga kebersihan dan sirkulasi udara di dalam rumah merupakan langkah krusial yang tidak boleh diabaikan saat menghadapi cuaca ekstrem.


Menurut United States Environmental Protection Agency, udara yang lembap selama perubahan cuaca ekstrem dapat memicu pertumbuhan virus dan bakteri dengan cepat. Oleh karena itu, kebersihan lingkungan rumah harus diperhatikan dengan seksama.

Menjaga rumah tetap bersih secara rutin akan membantu mengurangi pertumbuhan bakteri yang berpotensi menyebabkan penyakit. Penting juga untuk tidak menimbun sampah atau barang-barang yang tidak terpakai, karena hal ini dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.


Membuka jendela rumah setiap pagi juga dianjurkan untuk meningkatkan sirkulasi udara di dalam ruangan, sehingga udara segar dapat masuk dan mengurangi risiko penyebaran virus dan bakteri.


Menerapkan kebiasaan mencuci tangan dan menjaga sanitasi diri adalah langkah penting yang sebaiknya diterapkan oleh setiap orangtua sejak dini pada anak-anak mereka.


Ini menjadi sangat penting karena masa kanak-kanak merupakan waktu di mana anak-anak banyak melakukan eksplorasi melalui belajar dan bermain. Saat bermain, anak tidak selalu terhindar dari paparan kuman dan bakteri di sekitarnya.


Oleh karena itu, orangtua perlu mengajarkan anak-anak tentang pentingnya menjaga kebersihan diri, agar kebiasaan tersebut dapat tertanam dan dijalankan dalam kehidupan sehari-hari.


Memberikan asupan makanan bergizi juga merupakan langkah penting dalam menjaga kesehatan anak di tengah cuaca ekstrem.


Pola makan yang seimbang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak dan membantu mencegah risiko terkena berbagai penyakit, terutama yang disebabkan oleh virus.

Mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi seperti buah-buahan dan sayuran, yang tinggi akan vitamin C, dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak terhadap serangan virus dan bakteri.


Selain itu, asupan protein dari sumber seperti daging ayam, ikan, dan telur juga penting untuk melengkapi asupan gizi anak dan memperkuat sistem kekebalan tubuh mereka.

13 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page