Search

Manfaat Puasa Bagi Tubuh

Bagi umat Islam, puasa merupakan sebuah ibadah yang wajib dijalani tiap hari selama bulan Ramadhan. Agar berpuasa dapat berjalan lancar, ada beberapa fakta kesehatan yang harus diperhatikan saat berpuasa.


Ketika berpuasa, tubuh mengalami perubahan sesuai dengan lama berpuasa. Faktanya, tubuh memerlukan waktu delapan jam untuk menyerap nutrisi dari makanan terakhir. Artinya, tubuh mampu berpuasa bila diberi asupan terlebih dahulu. Sehingga, penting untuk makan sahur yang bergizi sebelum menjalani puasa dari terbit hingga tenggelamnya matahari.


Pada kondisi normal, sumber energi utama dalam tubuh adalah gula yang disimpan di hati dan otot. Selama berpuasa, simpanan gula ini digunakan untuk menghasilkan energi yang diperlukan tubuh. Setelah gula digunakan, lemak menjadi sumber energi berikutnya dan ini dapat mengurangi berat badan.


Jika sumber-sumber energi tersebut masih belum cukup, tubuh akan membakar protein otot untuk menghasilkan energi. Fase terakhir ini disebut dengan fase kelaparan. Namun, ini hanya terjadi jika seseorang berpuasa selama berhari-hari tanpa berbuka.


Sahabat, berikut adalah manfaat puasa bagi tubuh anda :

1. Mengontrol Kadar Gula Darah

2. Menurunkan Berat Badan

3. Menurunkan Kadar Kolesterol darah

4. Menurunkan tingkat stres

5. Meningkatkan produksi hormon baik

6. Meningkatkan fungsi otak

7. Detoksifikasi (Membuang zat beracun dalam tubuh)

8. Regenerasi sel lebih baik

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


15 views0 comments