top of page

Mengenali Gejala Awal dan Bahaya Diabetes

Updated: Oct 18, 2023


Diabetes mellitus, atau yang lebih dikenal dengan diabetes, adalah penyakit yang semakin umum di seluruh dunia. Diabetes adalah gangguan metabolisme yang memengaruhi cara tubuh memproses glukosa atau gula dalam darah. Ini adalah masalah kesehatan serius yang memerlukan perhatian dan pengelolaan yang tepat. Dalam artikel ini, kita akan membahas gejala awal dan bahaya diabetes.


Gejala Awal Diabetes

Mengenali gejala awal diabetes sangat penting, karena diagnosis dini dapat membantu menghindari komplikasi yang serius. Beberapa gejala utama diabetes meliputi:

1. Sering Merasa Haus dan Sering Buang Air Kecil

Orang dengan diabetes sering merasa haus secara berlebihan (polidipsia) dan sering buang air kecil (poliuria). Ini terjadi karena tubuh mencoba menghilangkan kelebihan glukosa melalui urin.

2. Kelelahan yang Tidak Wajar

Kelelahan yang tak terkendali dapat menjadi gejala diabetes. Kekurangan glukosa dalam sel tubuh dapat mengakibatkan perasaan lelah dan lemah.

3. Penurunan Berat Badan yang Tidak Dijelaskan

Meskipun seseorang mungkin makan lebih banyak, mereka mungkin mengalami penurunan berat badan yang tidak dijelaskan. Ini terjadi karena tubuh tidak dapat menggunakan glukosa dengan baik.

4. Luka yang Sulit Sembuh

Diabetes dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk menyembuhkan luka. Luka atau infeksi yang sulit sembuh atau sering kambuh dapat menjadi tanda diabetes.

5. Penglihatan Kabur

Perubahan kadar glukosa dalam darah dapat memengaruhi mata. Penglihatan kabur atau masalah mata lainnya bisa menjadi gejala diabetes.

6. Kesemutan atau Mati Rasa pada Tangan dan Kaki

Diabetes dapat merusak saraf, yang dapat menyebabkan kesemutan atau mati rasa pada tangan dan kaki.

Bahaya Diabetes

Jika diabetes tidak dikelola dengan baik, ini dapat mengakibatkan sejumlah komplikasi serius yang dapat mempengaruhi berbagai bagian tubuh, termasuk:

1. Penyakit Jantung dan Stroke

Orang dengan diabetes memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung dan stroke. Diabetes dapat merusak pembuluh darah, meningkatkan tekanan darah, dan meningkatkan kadar kolesterol.

2. Kerusakan Ginjal

Diabetes adalah penyebab utama gagal ginjal. Kadar gula darah yang tinggi dapat merusak ginjal seiring waktu.

3. Masalah Mata

Diabetes dapat menyebabkan retinopati diabetik, yang dapat mengakibatkan kebutaan. Penglihatan kabur dan masalah mata lainnya juga umum terjadi pada penderita diabetes.

4. Masalah Saraf

Diabetes dapat merusak saraf tubuh, menyebabkan nyeri kronis, kesemutan, dan mati rasa pada tangan dan kaki.

5. Infeksi yang Sulit Sembuh

Luka dan infeksi pada penderita diabetes dapat semakin sulit untuk sembuh, dan ini dapat memicu masalah serius seperti ulkus kaki.

6. Gangguan Mental

Diabetes juga dapat memengaruhi kesejahteraan mental. Penderita diabetes memiliki risiko lebih tinggi mengalami depresi dan kecemasan.

Pencegahan dan Pengelolaan

Pencegahan dan pengelolaan diabetes sangat penting. Langkah-langkah untuk mencegah diabetes meliputi menjaga pola makan sehat, berolahraga secara teratur, mengontrol berat badan, dan menghindari merokok dan konsumsi alkohol berlebihan.

Bagi mereka yang sudah didiagnosis dengan diabetes, pengelolaan yang baik melibatkan pemantauan teratur kadar gula darah, pengobatan yang diresepkan oleh dokter, dan perubahan gaya hidup sehat.


Jika Anda mengalami gejala diabetes atau memiliki faktor risiko, segera konsultasikan dengan dokter Anda. Dengan diagnosis dini dan perawatan yang tepat, Anda dapat menjaga kesehatan Anda dan menghindari komplikasi serius yang terkait dengan diabetes. Kesehatan Anda adalah aset berharga, dan mengenali gejala awal diabetes adalah langkah penting dalam menjaga kesejahteraan Anda.


Konsultasikan kesehatan anda dan keluarga di Klinik Naura Medika

Informasi lebih lanjut hubungi :


Telpon : (021) 77827515

Whatsapp : 0821-1439-0563




3 views0 comments

Recent Posts

See All

Comentarios


bottom of page