top of page

Pentingnya Pemberian Vaksin Campak pada Anak






“Pemberian vaksin campak pada anak sangat penting untuk mencegah risiko penyakit, melindungi anak dari komplikasi serius, dan membantu mencapai herd immunity.”


Pemberian vaksin adalah salah satu cara paling efektif untuk mencegah penyebaran penyakit menular. Salah satu vaksinasi yang sangat penting untuk anak adalah vaksin campak. Vaksin campak adalah vaksin untuk mencegah campak, yang sangat menular dan dapat menyebabkan komplikasi serius jika tidak segera ditangani.


Untuk mengetahui kapan waktu yang tepat dalam melakukan vaksin campak pada anak, Ibu bisa juga bisa membaca artikel mengenai Waktu yang Tepat Lakukan Vaksin Campak.


Mengenal Penyakit Campak Pada Anak

Campak terjadi akibat virus campak yang biasanya penularannya melalui udara ketika orang terinfeksi batuk atau bersin. Gejala campak dapat berupa demam, batuk, pilek, mata merah dan gatal serta ruam kulit yang khas.


Meskipun sebagian besar penderita campak sembuh setelah satu atau dua minggu, ada risiko komplikasi serius seperti pneumonia, ensefalitis (radang otak) dan bahkan kematian, terutama pada anak-anak dan orang dewasa dengan sistem kekebalan yang lemah. Karenanya penting untuk melakukan proses vaksinasi campak.


Ini Alasan Pentingnya Pemberian Vaksin Campak Pada Anak

Berikut adalah beberapa alasan mengapa pemberian vaksin campak pada anak sangat penting:


1. Mencegah penyebaran penyakit campak

Vaksin campak membantu mencegah penyebaran virus campak yang sangat menular. Dengan memberikan vaksin campak kepada anak, Ibu dapat membantu mengurangi risiko penularan penyakit kepada orang lain, terutama mereka yang tidak bisa menerima vaksinasi.


2. Mencegah komplikasi yang serius

Anak-anak yang terkena campak berisiko mengalami komplikasi serius, terutama ketika mereka masih muda atau memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Kemungkinan komplikasi termasuk pneumonia, ensefalitis, dan bahkan kematian. Selain itu, dapat mencegah penyakit yang berpotensi serius seperti gondok dan rubella. Dengan melakukan vaksinasi campak, Ibu dapat membantu melindungi anak terkena risiko penyakit tersebut.


3. Membantu mencapai herd immunity

Herd immunity atau kekebalan kelompok adalah ketika sejumlah besar orang dalam suatu populasi telah divaksinasi dan menjadi kebal terhadap suatu penyakit tertentu. Kondisi ini dapat membantu melindungi orang-orang yang belum atau tidak bisa menerima vaksin, seperti bayi yang terlalu muda untuk mendapatkan vaksinasi atau orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Dengan memberikan vaksin campak kepada anak-anak dapat membantu mencapai herd immunity dan melindungi orang-orang yang rentan.


4. Vaksin campak aman dan efektif

Pemberian vaksin campak bersifat aman dan efektif. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi setelah menerima vaksin campak pada anak termasuk demam ringan dan ruam. Namun, kondisi seperti ini jarang terjadi dan biasanya ringan. Efek sampingnya jauh lebih besar daripada risiko serius yang terkait dengan campak itu sendiri.


Campak termasuk penyakit menular, dimana jika terdapat seorang anak mengidap campak, 9 dari 10 orang disekitarnya dapat terkena campak juga. Karenanya penting untuk melakukan vaksin campak pada anak sebagai langkah pencegahan.



Konsultasikan kesehatan buah hati anda di Klinik Naura Medika


Telpon : (021) 77827515

Whatsapp : 0821-1439-0563


Jl.Kemakmuran Raya no.37, Mekar Jaya, Sukmajaya, Depok 16411


“Bebas Khawatir di Klinik Naura Medika”

1 view0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page